Welcome To My Blog! Have a Nice Read ^^


Senin, 23 September 2013

Friendster, Transisi Alay Lekang oleh Zaman

Logo friendster zaman purba
Facebook, Twitter dan bermacam alat social network ngelalat di zaman ini. But as you know? sebenarnya, sebelum kedua jejaring  sosial tersebut (yapp keduanya sih yang lebih booming dibanding yang lainnya) ada satu yang gue kenal di zaman keemasan pas SMP yaitu FRIENDSTER. Thanks banget buat friendster yang udah ngajarin gue buat jadi alayers. Terus  gue dapat adsense sebagai jasa pembuatnya bagi teman-teman gue yang ingin bergabung ke lo. dan bermacam-macam jasa lainnya.

tapi kok sekarang menghilang tanpa jejak ya? konon katanya, produk yang disingkat FS ini di beli sama malaysia (kan katanya). terus lebih ngedepankan game online sih. Nah, pada kepokan sama pembahasan friendster ini? yuk ikut gue ke mesin waktu doraemon! (masuk ke laci meja belajar wuzz!)

Hi Friendster! Nice to meet you!

Nah, perkenalan gue diawali dari sebuah koran yang terbit di Batam. loh kok koran mon? woles woles... setiap pagi, gue selalu nongkrongin koran buat menambah wawasan biar up to date bukan up to you hehehe. malah kalau kebangun jam lima pagi buat subuh. gue mengintip om loper koran menaruh korannya di sisi pagar garasi gue how so sweet... lanjut! artikel yang merasa gue bertambah wawasan plus menambah status naik menjadi level gaul adalah artikel di hari minggu karena ada bagian khusus remaja. sebagai anak yang baru memahami hidup menjadi remaja gaul, gue kudu wajib baca artikel ini. Nah, saat itu (gue lupa tanggal berapa tuh artikel) gue liat kakak kelas gue di cover artikel remaja tersebut. tapi bukan satu orang saja, ini satu geng. dan gue kenal banget sama ini geng walaupun bukan kakak kelas gue pas SMP. gue kenal mereka pas satu geng ini (kebetulan) satu SD ma gue juga. Personil berenam ini ditanyain komentar mereka tentang 'friendster'. apa? friendster? apaan tuh? semacam teman yang trend disana? khayalan dodol gue malah datang -_-.

Daripada khayalan gue makin ngawur ngidul, lebih baik gue praktekin di sebuah media yang bernama internet. ini alat apa lagi. bermodal komputer saja belum cukup untuk masuk ke friendster. Jadilah gue kesebuah tempat yang bisa membuka friendster secara berbayar melalui berapa-lama-mainya yaitu warnet alias warung internet. sejak itu setiap hari sabtu habis pulang dari sekolah maupun kabur dari ekskul, gue pasti selalu menyempatkan diri kesana. kalau nggak kesana, bagaikan mobil tanpa bensin. Nah, bersama sahabat dari mahluk mars, dian. bela-belain loh dia datang ke bumi karena kepo sama produk manusia satu ini :p. dan mamang penjaga warnet 'bundo kanduang' yang merangkap juga sebagai rumah makan padang ini. membantu gue dan dian untuk memasuki jejaring sosial pada zamannya urutan keempat yang sering dikunjungi. Caranya-seperti-apa-dan-bagaimana memasuki dunia ini. Mulai dari memasukin e-mail, menulis profil, masang foto profile hingga nge-add teman. semuanya deh!

sisa-sisa kejayaan foto di friendster nih. cuma ini yang bisa diselamatkan.
Sekarang, gue udah resmi jadi member 'friendster'. Ngerasa gaul karena rata-rata teman-teman gue belum pada punya ☑. Disini otak bisnis gue main. saat gue menceritakan betapa menyenangkannya gabung di friendster. Sontak saja panggilan demi panggilan datang ke gue hingga gue dipikir tali tambang karena tangan gue ditarik sana-sini buat jasa pembuatan gue satu ini. Sukses parah ini! Lalu pembuatan tulisan profil yang kaya akan warna-warni tulisan. Gue bisa nemu caranya juga dari iseng-iseng berhadiah loh. sama terapan guru komputer gue pas SMP hehehe. Hasilnya pundi-pundi koin kalau nggak bayaran gratis ngetem di warnet berjam-jampun gue dapat hehehe. Bisnis yang bener-bener menggiurkan yaa. Nggak Cuma itu, foto profil yang pake edit sana-sini juga jadi santapan gue buat berbisnis. Sama halnya nulis profil warna-warni  tadi, yang ini gue dapat juga dari iseng.awalnya minta program tentang photoshop ke komputer rumah (dulu gue belum punya toshi dan masih pakai komputer tabung hehehe) dari om gue yang kerja sebagai wartawan di koran batam. Iseng diajarin oleh beliau terus iseng coba edit sana sini walaupun pernah ngerasa freak terus ada yang amazing  bet hahaha. 


9o 9o fRiEndStEr!! 

Ini kenapa judulnya ikutan ngalay gini -__-. ok finelah karena ini tema friendster. tapi cukup judulnya ajalah cape gue mesti ngetik shift kalau gak caps lock mulu buat tulisan alay ini hahaha. Lanjut di fasilitasnya. sama ajasih kayak FB ada fannya juga loh. bahkan kita bisa buat fans kumpulan penggemar kita juga. jadi gak hanya princess syahrini saja yang bisa punya fans banyak tapi kita juga bisa mengalahkan si "sun fransisco" ini. 
Iya kece badai! (nyambung gak?) 
gue awalnya juga mau buat sih tapi tapi pas banget friendster sudah di jadikan daerah alayers hiks~. terus ada fasilitas semacam aplikasi (namanya apa ya..) suka-suka kita. mau naruh video kek. mau naruh slide foto lo kek macem-macem deh soalnya tuh aplikasi buanyaaaak bangeeetss! tapi yang gue suka fasilitas emote. biar tahu suasana hati kita. termasuk galau hahaha. ada blognya juga. tapi sumpah gue nggak ngerti pemakaian blog friendster nih. soalnya dia bilangnya berbayar huft~ terus apalagi ya fasilitasnya... oh ya, kalau twitter rada rempong tahu yang liat twitter kita, nah kalau FS gak mesti rempong kok. dia ga mesti buka website dengan nama yang ribet kok. cukup liat di home pasti ketahuan hehehe. terus nampilin teman spesial kita min enam teman (rata-rata sih pacar keluarga kalau gak idolanya nih). background yang bisa di ganti. wuih yang ini sih kayak twitter. dan yang belum gue sebutin lainnya akibat lupa. kalau ada yang tahu lainnya please comment hehehe. 

ice princess

di FS juga pengawasannya gak super duber ketat kok. makanya email pun gak mesti dari yahoo maupun gmail. gue pakai saja email dari FS. masih inget nih namanya monik@like.princess. ALAY BANGETTTT!! hahaha. lo juga ga bakal tahan dengan nama princess blue julukan gue waktu di friendster. parahnya pas pasang poster ice princess yang sama sekali dan sampai sekarang belum pernah gue tonton mendominasi princess blue ckckck. tuhkan zaman FS syahrini pasti lewat. BTW, princess blue itu dari kesukaan gue dengan princess saat itu dan blue warna biru kesukaan gue. sumpah kalau sekarang gue masih ngelekatin tuh julukan pengen gebukin kepala ke tembok cina rasanya. Kalau soal nama, gue nggak pakai nama asli, pakainya MoNiQ Sii MiMi, MoNiK MoNiK, pRinCeSs bLuE dan MoNiQ MOP -_- (jari langsung kram seketika). Yang pertama monik sii mimi itu adalah panggilan gue di geng pas SMP. kedua Monik monik inspirednya dari komik candy candy (pas zaman itu juga ada sinetron rachel amanda berjudul candy). princess blue yang sudah gue bahas kongkrit banget tadi. dan monik mop yang mopnya dari perkumpulan cyberholic gue masuk disana udah di accept tapi belum resmi jadi anggota hiks~ 

tergerus...

yap tergerus dengan adanya FB dan twitter. terus gosipnya FS mau bangkrut. miris juga sih ngedengerinnya apalagi pas account FS gue juga sudah di ga ada lagi :( 

Mau liat versi sekarangnya? ini dia!
Ininih yang baru. liat dong mottonya terus muka smileynya bermuka empat. 




- Mon, kenapa gak gabung lagi?
Nggak ah, soalnya ngumpulnya teman gue pada di FB ma twitter (benerin kerudung) *modus

Jadi bukan berarti kita melupakan begitu saja si teman trend ini, tapi kita jadikan dia history  dalam social network ini. H1dUp fRiEndSteR!!! 

Ini cerita alay gue, kalau lo? 

2 komentar:

  1. Hahaha, inget banget tuh masa-masa Friendster berjaya. Nambahin banyak widget berkilau di profil, nulis besar kecil, nama imel yang berubah-ubah, dan akun ID yang panjangnya buset ga ketulungan :D
    sayangnya pas aku buka akunku sekarang udah nggak aktif lagi, padahal asik ya mengenang masa alay di friendster :))

    BalasHapus
  2. facebook mungkin akan bernasip sama..
    beranda makin gak karu-karuan sekarang..

    pertanyaannya situs apa yang sekarang lagi digandrungi?
    situs apa yang akan menggantikan facebook?

    BalasHapus

Komen yang baik dan sesuai dengan pos ini ya. Karena komen kalian bisa menjadi masukan dari gue. No SARA, Porn, and Spam Please!!. Thank You :D