Welcome To My Blog! Have a Nice Read ^^


Rabu, 25 Juni 2014

Fenomena Teraweh-terawehan

Yuk Tarawih Yuk! (Sumber)
Yei bentar lagi bulan ramadhan! Pasti banyak nih yang tobat atau tobat-tobatan buat memperbanyak pahala. Maklum bulan ramadhan. pahala di kasih sangat melimpah dibanding sebelumnya. Nah, daripada suuzdon sama yang tobat-tobatan. lebih baik ngikutin salah satu ibadah sunah dari bulan ramadhan, tarawih! 

Tarawih adalah sholat sunah yang dikerjakan abis sholat isya, secara berjamaah dan dikerjakan sebelas rakaat.

Banyak banget moon!

Iyalah! ketentuannya begitu. Kalau dimekah bisa puluhan rakaat katanya plus imam yang bacain surat bisa satu juz! ckckckck. Gapapalah, masa mau pahala pake ngeluh. Lanjut ke cerita, banyak fenomena teraweh yang pernah  terjadi ataupun pas masa kecil malah kita pernah lakuin seperti...

Main Petasan
Kelakuan anak cowok sih ini. Nyulutin api dipetasan, lalu lari menjauhinya dan duarr! Langsung kepulan asap menyelimuti tepukan tangan yang meriah atas meledaknya petasan. Parahnya, ini ga kapok dilakuin. Sebandinglah sama penjualnya yang makin menjamur saat bulan ramadhan. Pernah nih toko dan halaman rumah gue hampir kemasukan petasan hasil lemparan anak-anak. Coba kalau masuk beneran tuh, rumah gue udah jadi apa? Terus gue dan keluarga gue gimana??? Padahal yaa, tuh bocah-bcah petasan udah di protes lo sama sesepuh-sesepuh masjid. Tapi yah gitu tobat-tobatan lagi dah. Bersyukurnya, bocah-bocah komplek gue aman aja tuh main petasan. Iya kalau beruntung, pas apesnya nanti tuh. Baru tau rasanya petasan. Apalagi kalau hatinya kena petasan.

-__-

Mata-matai Gebetan
Dudulerz, ada ga yang kayak gini? nyuri-nyuri kesempatan di moment teraweh gini? hayo ngaku! Temen gue ada tuh yang jauh-jauh datang ke komplek gue buat sholat teraweh di masjid komplek gue buat caper-caperan ke gebetannya. Padahal masjid kompleknya sama bagusnya juga loh kayak komplek gue. Kayaknya sih, di PHP-in bener deh sama tuh gebetannya wkwkwk~. Btw gue juga pernah lo kayak gini. tapi gak seniat temen gue yang satu ini sih.

huuuu~~


Udah udah back to story, jelas-jelas ini penyimpangan di masjid!

Asiik! bahasanya moon!

Ya begitulah gue sebut. Ngapain coba teraweh cuma modus-modusan belaka. Ngapain coba bilang ke ortu mau pergi teraweh ke RT sebelah dengan alasan penceramah disana gak pernah absen. Taunya mau modusin gebetan. Ceramah si ustad diabaikan ckckckck~ Heeelloo! Lo percuma lo boong dengan niat lo ke masjid dongg!! Sah-sah ajalah sebagai mahluk yang butuh pendamping di kehidupan nanti, tapi kewajiban jangan diduain loh. 

Nyatet Ceramah
Jaman sekolah, pasti deh ada tugas dari guru agama islam buat nyatet kegiatan kita selama bulan Ramadhan. Hayo pada ngaku, benerkan? Kalau ga diisi nilai agama lo jelek hahaha. Waktu gue SD kelas satu hingga tiga belum dapet. jadi gue pake buku tulis buat nyatetnya. Pas kelas empat hingga SMA tuh dapat. Adegan terseru pas nyatet adalah ngehias nama kita di buku depan agenda ramadhan pake pulpen warna-warni dan nyalin catatan ceramah. Soalnya SD gue pongo banget ga bisa dapet sinyal dari ustad ceramah sih hehehe. Biasanya nyalinnya punya kakak-kakak SMA hehehe. Habis nyalin, pas selesai terawehnya minta tanda tangan si ustad. Kalah deh sama yang minta tanda tangan ke Syahrini huhuhuhahaha~. Pernah kejadian, si ustad marah dan mogok tanda tanganin agenda ramadhan loh. Udah sekuat tenaga loh gue nyalin itu dari punya anak SMA. Jadinya, malah pengurus masjid deh yang ngetanda tanganin. Alasannya karena anak-anak pada ribut sih. Ada juga yang udah pulang duluan sehabis teraweh, belum sempet deh ditanda tangani.

Jajan
Pecinta kuliner seperti gue ini, biasanya semangatnya makin plus jika dikasih uang jajan buat teraweh. Biasalah pengganti uang jajan sekolahkan dipangkas 50% karena bulan puasa. Gantinya buat teraweh. Selain sisakan buat amal masjid dan celengan gue, uangnya biasa untuk makan sate padang atau pempek samping masjid hehehe.

Tadarus
Kalau kita baca al-quran saat bulan Ramadhan disebut Tadarus. Yapp kalau pas moment puasa gini, banyak yang tadarusan di masjid pake mic. Pas habis subuh dan habis teraweh biasanya sering. Kalau habis teraweh itu hingga tengah malam lo selesainya. Gue bisa tadarusan di masjid pake mic itu pas kelas enam. Sambil nunggu giliran itu biasanya gue jajan atau ga makan makanan masjid yang biasanya dikasih para warga menurut giliran dapatnya.

Parah lu moon!

Kata pengurus masjidnya boleh kok. Back to topic, gue mintanya sih kalau giliran jangan ampe lewat tengah malam aja. Nanti, pas sahur bangunnya susah hehehe. Kalau gue, baca al-qurannya maksimal satu halaman. Nah giliran terakhir pengurus masjid komplek gue tuh. Baca hingga satu juz ckckck. Kalau beliau yang baca, kayak berasa denger lagu tilawah loh.


Mon, Teraweh apa Tarawih sih disebutnya?

Banyak sih penyebutannya. Kalau ga cek aja kak Wiki deh. Bentar lagikan bulan Ramadhan, perbanyak aja deh positive thinking sama yang modusan datang teraweh aja sih intinya. Yang dulu suka tadarusan dipertahanin ya jangan cuma nampang suara aja di mic kan bisa tadarusan dimana aja jangan nunggu pas di masjid aja. Yang dulu waktu SD kerjaannya nyatet ceramah jangan hanya demi nilai agama disekolah, kalau sekarang diserapi apa aja ilmu yang dijelasin sang ustad. Oh ya, karena TV-TV serta iklan udah pada nyiarin hal-hal berbau "Ramadhan", gue mengucapkan...

Marhaban ya Ramadhan
Happy Fasting All!

Semoga puasa dan ibadahnya umat muslim diterima ^^

Bonus
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: 
“Barangsiapa melakukan qiyam Ramadhan (yakni sholat malam pada bulan zromadhon) karena iman dan mengharap pahala dan ridho Allah, maka dosa-dosanya yang telah lalu akan diampuni.” (HR. al-Bukhari no. 37 dan Muslim no. 759).

9 komentar:

  1. Wah bener-bener ngingetin gua pada waktu jaman nya smp dulu, pernah punya pacar karna sering taraweh di mesjid haha. Syukur dia cantik tapi gua yang brengsek, yasudah lah haha

    BalasHapus
  2. Kangen ngisi jurnal ramadhan kalo nginget nyatet ceramah haha

    BalasHapus
  3. haii salam kenal...

    kalo pas jaman kecil dulu, dimesjid deket rumah gue, anak2 cewe termasuk gue suka pada bawa bola bekel tuh, maen nya pas lg sesi ceramah... :D

    soal penyebutan tarawih, seperti nya yang bener itu "tarawih" deh, abisan kalau di bahasa arab kan ga ada penyebutan "e" . (eniwe tarawih itu bahasa arab kan yaa? ) #CMIWW :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga :D

      iya emang tulisan tarawih yang benar. teraweh sih istilah tarawih yang datang cuma buat ngeceng hehehe

      Hapus
  4. niatnya nyari takjil dan tanda tangan

    BalasHapus
  5. nyari buka puasa gratis dimasjid :|

    BalasHapus
  6. Semua udah pernah dilakuin, kecuali 'Mata-matai Gebetan' wkwkwk. Oh iya, berhubung udh SMA, jadi gada catat ceramah lagi. :(

    BalasHapus
  7. mata-matai gebetan sampe curi curi pandang, pernah saya rasain :D

    BalasHapus

Komen yang baik dan sesuai dengan pos ini ya. Karena komen kalian bisa menjadi masukan dari gue. No SARA, Porn, and Spam Please!!. Thank You :D