Welcome To My Blog! Have a Nice Read ^^


Kamis, 16 Juli 2015

Puasanya Perantau

Ilustrasi
Puasaan tahun ini akan segera berakhir hiks~  Kapan lagi menemui bulan yang kita lakukan biasa aja malah pahala berlipat ganda.
Puasa tahun ini. Hem, banyak kejutan!


Seperti yang gue paparkan di twitter tadi. Puasa yang gue lalui jauh dari keluarga. Iya sih, waktu SMA gue juga pernah jauh dari keluarga. Bedanya kalau SMA jadi anak asrama. Sahur ada yang bangunin pake gallon kosong terus teriak-teriak di lapangan biar pada bangun semua. Sahurnya rame-rame. Bukanya rame-rame juga. Ada lomba-lomba buat penyemangat di bulan ramadhan. Kalau kini, yah sendiri…a
Itulah nasib anak kost di perantauan hiks~ . Nah baca curhatan gue selama sembilan belas hari puasa di kota tepian.



1. Sahur sendiri, Masak Sendiri
Buset! kayak lagu dangdut aje dah. Iya itulah kenyataannya. Gue kangen kalau sahur ada yang bangunin terus pas gue bangun, gue ngulet lagi di kasur bareng ipen. Biasanya nyokap gue iseng ambil oen dikandang, terus oen lari-larian di kasur gue. atau gak malah pindah ke kamar ortu pas habis dibangunin hahaha. Kelakuan yang sama juga di asrama. Teman-teman gue paling sebel bangunin gue, terus gue bilang

“iye, gue udeh bangun!”

ehh, balik lagi ke kasur. kangeeeeen!! Terus makannya bareng-bareng walaupun nyawa masih melayang-layang. Walaupun sahurnya sederhana, gue kangen kehangatan dan kebersamaan itu.
Coba sekarang, cedih bet! Gue pernah ngulet lagi, ehh inget takutnya malah bablas gak sahur. Terus masak mie dan makan sendiri. Pernah sih di ajak sekali ke sahur on the road. Lumayan, hal tersebut mengobati kesendirian gue saat sahur.

Kagak ade yang bangunin lo mon?
Adalah, gue gak jomblo bro sekarang hahaha. Ada yang bagunin juga soalnya lewat line. Seberisik alarm dan line, gue tetep kangen sahur bareng.

2. Bukber Gentayangan
Kalau yang ini bukber bareng blogger samarinda (Photo by Kak Winda)
Kalau dulu gue pernah cerita bukber jarang menghinggapi gue. Kali ini banyak! ada dari LPM Sketsa Unmul sama teman-teman kelas gue. Atau malah bukber di kostannya siapa gitu dan bukber bareng pacar berdua. Yah, kadang juga gue bukber sendiri. Mengais takjil dan makanan berat di pinggiran kost lalu buka bersama TV.  Atau biasanya gue meliput acara bukber kampus, ehh dapat bukaan gratis. Alhamdulilah dah jadi anak kost!

3. Tarawih yang 23 rakaat
Biasanya gue lalui tarawih 11 rakaat, kali ini 23 rakaat. Ampe ngesot gue tiap pulang dari masjid hahaha. Gue aja ampe lupa udah rakaat keberapa ini. Rata-rata masjid gede di Samarinda pasti 23 rakaat. Gue kaget awalnya. Pas ditengah-tengah gue cuma sanggup sebelas dan lanjut ke tadarus.

4. Berburu Jajanan Anti-Mainstream
Kue amparan tatak 

Ada aja makanan yang hanya timbul di bulan ramadhan. Jika kolak dan kurma sudah biasa di moment ramadhan, kalau di Samarinda ada yang namanya kue khas orang banjar. Namanya amparan  tatak. kue yang diisi dengan pisang berlapis santan ini cocok buat teman takjil. selain amparan tatak, ada bingka dan sari pengantin. Gue kalap pas ke pasar ramadhan liat jajanan yang belum pernah gue liat sebelumnya. 50.000 ludes sehari hahaha

5. Rindu Kampung Halaman
Dibalik cerita berkah ini, gue merasa berpuasa paling indah yaitu bersama keluarga. Kalau dulu gue ampe merengek minta bukber bareng teman, sekarang kerasa banget kalau suasana hangat keluarga  di kampung halaman yang paling di rindukan bulan puasa ini.

Kadang gue suka iri kalau ngajak teman bukber, ehh mereka bilang
“Aku gak mau keluar dulu mon, mau sama keluarga di rumah.”

Tetiba itu, gue rindu masakan nyokap. Apalagi kalau udah dimasakin makanan favorit. seratus piringpun perut gue muat kok.

Kerasa pas udah sampai rumah. Meluk nyokap begitu hangat. dan gue bilang
 “ ma, kakak kangen mama!” 
aaaaakkkkk!! mewek gue nulis nih momen pake dengerin lagu nidji yang pulang.

Udeh yee ceritanya sampai disini dulu. Buat para perantauers kayak gue yang jauh-jauh kuliah terus meninggalkan orang tua. Manfaatkan momen ini. Jujur, pas gue pulang, gue belum bisa banyak berkontribusi buat bahagiain mereka. Tapi pas liat senyum mereka pas gue pulang, itulah hal yang membahagiakan. yaitu bisa kembali lengkap di momen lebaran nanti.

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1436 H
mohon maaf lahir dan batin

Oh yee kalau di blog gue jarang banget ngepos maafin yee. kan mau lebaran, makanya mau minta maaf dulu ke dudulerz hehehe. Kalau blog juga belum ada perombakan desain mohon maaf juga. Gue belum nemu pencerahan buat header barunya. tungguin aja pokoknya

2 komentar:

  1. beuh, ada komentar ngebingungin diatas.. haha *komentar FB*

    emang yang paling merindukan adalah berkumpul bersama keluarga hihi.. semoga aja ditahun2 berikutnya bisa lebih erat lagi :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wew kak cristy!
      maap kak itu error pas ngedit designnya hehehe
      iya moga lebih erat lagi, kapan-kapan dah bukberan di jakarta juga :D

      Hapus

Komen yang baik dan sesuai dengan pos ini ya. Karena komen kalian bisa menjadi masukan dari gue. No SARA, Porn, and Spam Please!!. Thank You :D