Welcome To My Blog! Have a Nice Read ^^


Kamis, 10 Maret 2016

Fenomena Gerhana(-Gerhanaan)

Oh ya, gue juga gak boleh poto lama-lama pas kena langsung gerhana matahari

(ost gerhananya om Piere roland)

Yap, 9 Maret 2016 bakal jadi fenomena alam yang tak terlupakan seumur hidup bagi gue. Heboh banget berita dimana-mana tentang si gerhana. Sampai ada yang bilang matahari lagi dimakan naga pas itu. Ada juga yang bilang setelah sekian lama matahari dan bulan LDR, mereka akhirnya dipertemukan #baperedition. Terus bumi cuma apa? Kasiannya bumi cuma jadi obat nyamuk pas kejadian lepas kangen matahari bulan ini. Nah, whatever dengan pertemuan LDR si matahari-bulan, kalau gue gimana ya nyiapinnya


9 Maret 2016
07:30 WITA
Anjir! kelewat solat gerhana!

Nyawa gue yang belum kekumpul harus segera dipaksa kumpul. Nah pas ngumpulin nyawa, ruang tengah kostan gue disesaki teman-teman gue yang mau nontonin gerhana. Yang biasanya hari libur seperti ini pada bangun siang, demi gerhana bangun pagi. Hampir semua channel TV pada memasang headline gerhana. Gue agak gelisah juga, diluar keliatan mendung. Liat keluar lagi, ohh belum muncul gerhananya.


Pas kemunculannya kira-kira jam 08:00 WITA, gue dan teman-teman kostan pada keluar ngeliatin tuh gerhana. Pada heboh banget dah diluar. Ada yang bilang mirip mau maghrib alias senja. Iya senja di jam delapan pagi.

Pada takut kalau matanya buta konyol kena gerhana, kita pada melakukan:

 1.pake baskom

Sampai detik gue nulis nih cerita, gue gak nemukan arti dibalik melihat gerhana lewat baskom berisi air.


 2.pake hasil ronsennya bapak kost

Mengabadikan momen lewat ronsennya bapak kost. Btw, pak kost paru-parunya kenapa yee
Yang dipanah tuh gerhananye. Kayak biskuit dicomot curut kalau diliat pakai ronsen.

3. Ehh pada ikutan semua sekitaran kostan gue. 

satu ember

dua ember

Nah, itu hasil foto tersembunyi. Selain ember dan ronsen, ada juga yang lihat pakai kaca film pada helm.

Abis itu pada asik snapchatan semua teman-teman gue. Pas gue mau update status juga, ehh paket gue ilang sinyal -_-.

Overall, walaupun gak 100% kayak di kota tetangganya, Balikpapan. Di Samarinda tetap bisa menyaksikan gerhana matahari 98% (katanya).  Penyesalan gue hanya gak bisa ikutan sholat gerhanananya. Padahal gue udah niat bener mau solat gerhana.

Fenomena gerhana ini menurut gue sih seperti wujud syukur atas indahnya buatan tuhan. Nah, kalau dalam islam mengapa disunahkan solat gerhana, itu karena seperti wujud syukur kalau pandangan logika gue. Itulah mengapa gue nyesel berat.Semoga aja kalau ada gerhana-gerhanaan lagi, gue gak ketinggalan solat sunahnya. Ini bukan yang pertama sebenarnya. Pas gue di jaman asrama, gue ketinggalan solat gerhana bulan!! Pas gue tanya teman-teman...

"Woi! kok gue gak dibangunin?"

"Elo tidur kayak orang mati mon, udeh berapa kali kita bangunin."

Yeelah -_-. Back to topic, kenapa ya yang gerhana bulan tidak seheboh matahari? Kalau versi sesat gue, matahari itu fenomena jarang. Nah, terakhir tuh katanya tahun 80an pas eranya Soeharto. Euforianya gak seperti sekarang. Masyarakat malah dirumah aja dan nonton melalui TV. Katanya ada peringatan dari presiden kedua Indonesia bahwa dilarang melihat gerhana matahari langsung. 

Kalau bulan, bulankan pas malam. Manalagi pas gerhana bulan terjadi itu karena cahaya bulan yang disupply dari matahari kehalang bumi. Nah kalau penampakannya, gue gak tau tuh. Kan gue gagal lihat juga. Gerhana Matahari Total ini akan melintasi Indonesia 2023 loh. Tapi hanya di sekitar daerah Indonesia Timur bilangnya. Udah umur berapa gue ya segitu terus terus gue udah ada yang lamar belum yee... #bapereditionagain

Itulah sepenggal cerita gue tentang gerhana, gimana cara lo nikmatin gerhana pas itu?

3 komentar:

  1. yaelah mon, bapernya kagak ilang-ilang haha..
    bedewe gerhana bulan terjadi setiap setahun dua tahun sekali jadi wajar menjadi pemandangan yang biasa.
    Mungkin yang gak biasa kalo ada supermoon yang memperlihatkan eloknya bulan.

    BalasHapus
  2. yaaahh di daerah rumah gue, gerhananya kurang keliatan sih :(

    BalasHapus
  3. Gerhana gak keliatan dari tempat gue... TT

    BalasHapus

Komen yang baik dan sesuai dengan pos ini ya. Karena komen kalian bisa menjadi masukan dari gue. No SARA, Porn, and Spam Please!!. Thank You :D