Welcome to My Blog! Have a Nice Read ^^


Rabu, 24 September 2014

Sebulan di Samarinda

(Sumber)
Hufte~ Gak kerasa banget bisa terperosok di pulau kalimantan ini. Bayangan gue pas di kalimantan, gue gaya-gaya auooaan kaya di VCnya mbak Katy Perry di Roar.
Yang cowok fokus!
Akh sudah itu khayalan ekstermis gue. Karena yang gue tau kalimantan terkenal dengan sodara kembar gue Orang Utan dan sebuah jembatan robohnya yang pernah gue tulis di blog pas jaman SMA (klik). Dan... bener-bener sebuah keajaiban bisa ada disini!!!

1. Taxi = Angkot
Ini taxi loh! (sumber)
Entah kenapa bisa nyasar begini di kota yang dijuluki kota tepian (taunya juga dari taxi merah). Oh ya, ngomong-ngomong soal taxi. Jangan kaget kalau naik taxi mau jauh atau deket harganya goceng. Karena taxi disini sebenarnya adalah angkot. Entahlah kenapa orang-orang sini memanggilnya taxi. Kalau naik taxi bandara yah bilangnya taxi bandara. Jangan taxi doang loh entar dikiranya taxi yang gue bilang angkot itu. 

2. Yang Rusak, Yang Hilang
Entahlah, kenapa barang-barang yang gue bawa kesini, pas nyampe disini useless abis! Kesel! Kalau gitu kenapa gue bawa!!! Contoh kamera digital yang sehari-hari jadi teman penelusuran gue buat bahan blog ini. walaupun udah nemenin gue kurang lebih sepuluh tahun sih, tapi pas dibawa kesini gak nyala. Udah di cas full, tetep aja. Perasaan pas dipake terakhir buat foto Oen baik-baik aja kok :(. Kacamata polos gue juga tuh yang biasanya buat gaya-gaya nerdy gitu. Pas di pake buat naik motor eh gagangnya patah. Duhh! Jangankan itu, sendok nasi pas gue pake buat ngaduk nasi aja patah. Ternyata masih ada sisa-sisa tenaga pencak silat pas SMA yee. Yang bikin menguras uang jajan gue sebulan adalah helm hilang di kampus! Ceritanya pas maen-maen ke perpus buat nyari tugas, helm gue hilang di sana noh. Yang tersisa cuma rantai yang membelit sang motor. Gue adukan saja ke satpam. Ehh malah curhat die disini banyak yang kecolongan helm. Pak saya butuh solusi bukan curhatan pak -_-. Mana tuh helm merk yang di pakai sule lagi di iklannya. Habis kejadian itu, gue beli lagi helm baru. Modelnya kayak pilot-pilot yang hidup tahun 60-an. Pokoknya klasik deh. ehh baru tiga hari di beli hilang juga di kampus. Jleb abis! Uang jajan beli buku aja ngos-ngosan gimana mau beli helm lagi!! Yang ini malingnya lebih ekstermis, ngejebolin jok motor sampe copot. Setelah kejadian itu, gue dapet pesen dari mas Dwi kalau helm di Samarinda yang jelek-jelek aja kalau gak mau ilang. 

3. Bisa Bawa Motor 
Karena nyari angkot eh maksud gue taxi itu susah bet, bude gue nyaranin memakai motornya mas Dwi. Yah, dibanding motor-motor yang ada di rumah bude gue, lebih ringan pake motor mas Dwi. Matic sih! Gue gak mau lagi bawa motor bebek. Giginya ribet dan pengalaman jaman SMP dulu akibat kecelakaan :(. Back to topic, gue masih rada kagok karena udah lama ga ngendarain motor, tapi lama-kelamaan udah biasa kok. Awkward moment saat gue hampir nyembur di got deket gor kampus karena ngegas terlalu pol ampe bikin motor gue rubuh tuh dan ngepet di tanjakan tinggi banget pas nyasar nyari kost temen. Saus tar-taran banget! sampe lecet pas kejadian tersebut. Malunya tuh disini (nundukin kepala). Kalau orang-orang ngeliat motor sodara gue ini pas gue yang bawain, ngeliatnya tuh gue kayak valentino rossi versi cewek gitu karena tuh motor stikernya di modif gitu sama sodara gue. Aslinya, gue kayak siput yang kehabisan lendir. 

4.Gaya Berbicara
Fenomena-fenomena lainnya adalah gue harus kembali kebahasa Indonesia yang sesungguhnya. Kalau biasanya gue dengan teman-teman di Cirebon, Bandung dan Jakarta pake lo-gue, disini yah aku-kamu. Lo-gue entar dibilang gaul maks! Nah, penduduknya kalau ngomong pake akhiran na atau kah. Jadi misalnya lo kaget kalau Boy Wiliam pacaran ma gue, pasti orang sana ekspresi kagetnya bilang "Iyakah?" atau "Masana". Pantes aja ya temen gue yang kuliah di Bandung asal Balikpapan pernah ngomong pake akhiran na. Atau bude gue tiap OTPan ma gue pake akhiran begitu. Ouohh... Sejak itulah gue juga diajari istilah-istilah di Samarinda sama sekelompok blogger (sebenarnya cuma dua sih blogger dari enam orang geng itu) di kelas gue. "mon kamu tahu ulin gak?" "tahu istilah bahari ga disini?" dan hal lainnya. Mereka juga bilang banyak istilah bahasa banjar disini. Yang parah adalah pas teman gue ngerasa bedaknya luntur dan bilang "Pupur Putih". Dua teman gue yang ada disamping gak bawa. Lalu ia tanya ke gue.
"Mon lo bawa pupur gak?"
"Pupur apaan tuh?" (pikir dalam hati gue, pupur itu kapur?)
"Pupur mon pupur putih" 
"Apaan sih? Gak tau pupur putih tuh apaan." 
"Bedak mon bedak"
"Yeelah, bilang kek." (sambil ngasih bedak gue ke teman gue)
"Dasar Primitip!"

Jleb!

5. Jetlag!
Iya jetlag abis. Bukan lagu simple plan loh. Ini baru beda sejam gimana entar kalau gue tinggal di amrik yee. Pernah tuh nyokap telpon gue jam 10 malam waktu Jakarta, nah gue udah molor jam segitu buat ke kampus besok. Iyalah, disini jam 11 malam sih. Jam tangan gue aja masih nunjukin jam waktu Jakarta biar bisa bedain smsan atau bbman ma teman ataupun keluarga yang ada di daerah WIB alias waktu indonesia barat.

6.Samarinda Keras!
Yapp, kenapa dijuluki tersebut? karena disini apa-apa mahal. Gue shocked pas liat harga komik conan disini yang harganya 22.000. Sedangkan di Jakarta 17.000 hingga 19.000 lah. Terus kaos kaki. gue pikir beli tiga pasang harganya 10.000. Ternyata ohh ternyata 15.000. Harga paling mengena deh buat anak kost yatu makan memakan. Paling murah aja katanya 10.000! Glek abis! Segitu parahnya kah? (yes udah dikit bisa bahasa kalimantan). Mungkin, ongkirnya kali yang bikin mahal. Terus polisi-polisi, gue gak pernah liat penampakannya. Palingan adanya petugas perhubungan sama sukarelawan gitu. Yang bikin kesel setiap gue mau ke kampus rada was-was pas lewat perempatan tanpa traffic light. Ada sih, tapi mati. Tuhkan, polisinya pada tidur-tiduran sih di emperan mahakam makanya nggak liat kondisi beberapa traffic light di Samarinda :(. Jangankan traffic light, listrik aja juga kadang... mati. Parahnya, pas sedang enak-enak diterangin dosen, ehh proyektor mati dan kipas pun perlahan memperlambat putaran lalu berhenti. Sauna gratisan deh dikelas.

7. Kuliner?
Kira-kira gambarannya seperti ini. (sumber)
Makanan? apa ya? Hem mungkin pentol kali ya. Kalau pentol, dipare gue pernah nemu. Nah, Tahu tek-tek pada tau gak? Mirip sama ketoprak. Bedanya, ga ada bihun dan ditambah telor ceplok jika mau. Ada jajanan anak SD yang ada disini. Namanya kerupuk bihun. Kerupuk seukuran piring makan ini diisi bihun pakai kecap. Jaman SD di batam maupun di SD Ipen Jakarta gue gak nemu loh kerupuk bihun ini.

Yah segitu aja deh cerita gue dari tepian. Udah dulu akh gue lagi banyak dikasih tugas sama dosen dan tugas UKM nips. Ciaobella~~ *kecupbasah*

13 komentar:

  1. Ga ada kuh. Jawa sama sumatera ga ada kok.

    Yang dijual pinggir mahakam itukah? Tau, tapi amplang di sumatra juga ada kok. Jawa aku lupa tuh ada apa nggak.

    Ciee duta wisata (blog) samarinda nih, tapi kenapa id kamu namanya "kukuh ganteng" -__-

    BalasHapus
  2. Setiap kota di indonesia mempunyai cerita nya sendiri yang menarik untuk di rasakan hehehehehe , main2 kak monika ke medan pasti gak mau pulang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya tuh. Katanya isi masjid maimun keren. Apalagi kemarin Apresiasi Film Indonesia (AFI) ngadain acara disana. Kalau digratisin sih mau aja hehehe



      Hapus
  3. "kah", "nah", "tah"...
    epic betul memang artikel disana. Aku pernah tinggal di Bontang selama 2 bulan. Salah satu yang menarik disana adalah makan pisang goreng pakai sambal. Itu menarik banget buat aku yang native orang pulau jawa ini.

    Salam,
    Mira.

    P.S. main2 ke blogku juga yahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau tah bukan di kalimantan. malah di cirebon tuh kalau ngomong pake akhiran tah hehehe.

      pisang goreng pakai sambel? sepertinya menarik tuh.

      blogmu yang mana banyak banget -,-

      Hapus
  4. Masing-masing kota memiliki kekhasan tersendiri ya...

    BalasHapus
  5. Yaudah, sering-sering kesana aja kak, biar banyak hal-hal aneh lainnya yang bertambah. #eh.

    BalasHapus
  6. dah minum air Mahakam? ada mitosnya lo....
    oh ya..kemaren nemu blog soal Samarinda, mampir aja di Uniquely Samarinda..

    lam kenal dari Samarinda

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyakah? tapikan airnya kotor gitu.

      oh salam kenal juga :D

      Hapus
  7. taksinya mantap juga ya mbak, haha.. saya dari dlu malah pngen ke samarinda belum terlaksana hiks

    BalasHapus
  8. Hah? Masa makan 10.000 itu mahal? Itu murah mon! Emang di cirebon berapa? 5000? --

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya dis. bahkan dibawah 5000 aja udah bisa makan sebungkus nasi

      Hapus

Komen yang baik dan sesuai dengan pos ini ya. Karena komen kalian bisa menjadi masukan dari gue. No SARA, Porn, and Spam Please!!. Thank You :D