Welcome To My Blog! Have a Nice Read ^^


Selasa, 29 November 2011

Jembatan Kutai Karatnegara Tinggal Kenangan Indah


Pada pukul 16:20 WITA Hari Sabtu 26-November-2011 dimana warga kalimantan timur atau yang lebih tepatnya menghabiskan weekend untuk sekedar bersenggang waktu dengan keluarga maupun ada yang menuju samarinda atau malah tenggarong. Tapi keceriaan tersebut dinodai oleh runtuhnya Jembatan Kutai Kartanegara yang menghubungkan Tenggarong dengan Tenggarong Seberang yang membelah sungai mahakam. Yang pasti aktivitas ekonomi pastinya terhambat. Jembatan yang juga dipanggil Golden Gatenya Kalimantan ini adalah jembatan terpanjang dan merupakan kebanggaan warga kalimantan timur ini. Padahal nih jembatan yang juga dipanggil jembatan mahakam II tersebut masih berumur 11 tahun. Diresmikannya aja tahun 2001. Kok bisa runtuh gini ya. Dan yang mengenaskannya lagi adalah diperkirakannya banyaknya korban tewas serta hilang. Gue kalau inget jembatan runtuh tuh inget film Final Destination 5. Lihat aja nih cuplikannya sebagian filmnya saat detik tragedi di film Final Destination 5. Yah penggambarannya akan sedikit samalah dengan runtuhnya jembatan Kutai Kartanegara.


Oh ya buat yang nggak bisa liat adegan berdarah-darah, diharapkan jangan liat adegan ini. Menurut penuturan beberapa saksi, tuh jembatan runtuh dalam hitungan 30 detik. Tewasnya dikarenakan tertimpa reruntuhan jembatan dan tenggelam di sungai mahakam. Padahal, tuh jembatan udah bergeser 15 cm loh. Terus udah dilakukan sistem buka tutup. Mungkin karena beban yang dipikul jembatan terpanjang di Indonesia ini udah sangat berat sehingga runtuh. Langsung aja menteri Pekerjaan umum dan Menko Kesra terjun ke kalimantan.menurut banyak pihak, runtuh jembatan kebanggan warga tenggarong ini adalah dari human error. Dari gue menulis blog ini Tim SAR masih mencari korban yang hilang di sungai tersebut. Serta Polisi yang akan mengusut tuntas dalang serta saksi di balik runtuhnya jembatan tersebut ckckck... Inilah beberapa foto pasca runtuhnya jembatan yang disingkat dengan nama kukar.




Kisah para korban
Korban-korban juga punya kisah yang mengharukan tentang tragedi tersebut. seperti berita di www.republika.co.id dan www.metrotvnews.com yang sekeluarga tewas, sepasang calon pengantin dan juga pekerja kontruksi di jembatan. Sampai ada yang udah selamat tapi demi sang anaknya yang masih tenggelam disungai mahakam, dia rela menyelamatkan tapi nyawa tidak tertolong akibat tenggelam kompas.com  nih gue dapet lagi video detik-detik reruntuhan jembatan yang tdk sengaja terekam oleh pasangan muda-mudi ini.

Siapa yang disalahkan?
Banyak pihak yang disalahkan seperti Kontraktor perancang jembatannya dan pemerintah kaltim penyedia dana perbaikan jembatan. Tapi polisi masih tetap terus melakukan investigasi. ITB (Institut Teknologi Bandung) juga mengirimkan timnya untuk melakukan investigasi mengenai runtuhnya jembatan tersebut akibat apa. nah, wakil rakyat ambil pelajaran dari tragedi ini, liat jembatan-jembatan besar lainnya. Selalu dicek keadaanya agar rakyat aman dan nyaman menggunakan. Semoga para keluarga korban di beri ketabahan dan gue juga turut berduka cita atas musibah ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komen yang baik dan sesuai dengan pos ini ya. Karena komen kalian bisa menjadi masukan dari gue. No SARA, Porn, and Spam Please!!. Thank You :D